Kab.Sanggau
WONDERFUL INDONESIA
Pesona Indonesia
Home » , » Sumber Air Panas Sipatn Lotup Sanggau

Sumber Air Panas Sipatn Lotup Sanggau


Sipatn lotup merupakan salah satu tempat wisata air panas yang terletak dipersimpangan kecamatan Kembayan.

Sumber air panas tersebut berasal dari mata air yang dipanaskan oleh panas bumi (geotermasl). Hal tersebutlah yang menjadi keunikan dari sumber air panas, Sipatn Lotup.

Sipatn Lotup berasal dari mata air yang di panaskan oleh panas bumi (geothermal). Temperaturnya sekitar 52-55 derajat Celsius. Kondisi air yang sangat jernih dan panas, Sangat cocok jika dikembangkan menjadi Tempat Pemandian Air Panas.

Kolam ini terletak di kampung Peruntan, Desa Sape, Kecamatan Balai Sebut, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, sekitar 6 jam perjalanan dari Pontianak. 

Ada dua rute yang bisa ditempuh dari kota Sanggau menuju tempat ini, yaitu melalui jalur Sanggau – Kembayan – Jangkang dengan jarak tempuh kurang lebih 168 Km dari Pusat Kota Kabupaten Sanggau. 

Sedangkan melalui jalur Sanggau – Mukok – Jangkang dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 70 Km. 

Jalur transportasi dapat dilalui dengan kendaraan roda Empat dan Roda dua. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam perjalanan

Nama “Sipatn Lotup” berasal dari bahasa Dayak Jangkang. “Sipatn” berarti sungai atau aliran sungai dan “Lotup” berarti panas. Sehingga masyarakat di sana menyebutnya “Ai Sipatn Lotup” atau sungai air panas. 

Cerita penemuannya dimulai sejak 62 tahun silam oleh dua orang warga yang sedang berburu.

Tepatnya di Dusun Peruntan, di sanalah saya dapat melihat langsung "Ai Sipatn Lotup" yang melegenda itu karena menjadi salah satu sumber air panas yang ada di Pulau Kalimantan


Cerita penemuan Air Panas Sipatn Lotup dimulai sejak 62 tahun. Menurut cerita dari salah satu tokoh Desa Sape, Lukas Singku bercerita bahwa dahulu ketika kakeknya yang sedang mencari ikan di sungai dengan cara memasang perangkap ikan atau bubu menurut bahasa mereka. 

Kakek mereka jika kemana-mana baik berburu atau mencari ikan selalu membawa anjingnya. 

Tiba-tiba anjingnya menggonggong terus menerus, didekatinya suara anjingnya dan mendapatkan seekor kijang yang telah mati. Dibawanya kijang tersebut ke rumahnya. 

Mereka heran kenapa kijangnya mati tanpa ada luka diseluruh badanya. Sehingga menyebarlah cerita itu sampai ke sanggau. 

Suatu ketika ada rombongan pengunjung dari daerah mengkiang, mereka membawa salah satu orang yang sakit parah. Mereka mendirikan pondok dan menginap selama tujuh hari tujuh malam disekitar air panas. 

Dan ajaib orang tersebut sembuh. Awal mula dari situlah masyarakat sipatn lotup berinisiatif untuk membersihkan kolam air panas itu supaya yang berkunjung ketempat itu lebih mudah dan nyaman. 

Cerita Air Sipatn Lotup bisa menyembuhkan penyakit menyebar luas sehingga jangan heran ketika hari-hari libur banyak pengunjung dari berbagai desa dan kota disekitar Sanggau berkunjung kesana untuk mandi dan ada yang mempunyai hajat untuk menyembuhkan penyakitnya. 

Bahkan sekarang dari luar kabupaten dan Luar Pulau seperti jawa datang untuk berobat di Air Sipatn Lotup.
SHARE

About Mina

0 comments :

Post a Comment

Recommended