Kab.Sanggau
WONDERFUL INDONESIA
Pesona Indonesia

Danau Lait Sanggau


Danau Lait yang berada di Dusun Kedokok, Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Keindahan alam yang alami membuat siapa pun yang sampai ke Danau ini

Dari kota Pontianak bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Untuk Harga Tiket Masuk Danau Laet Rp 15.000 per orang.

Terdiri dari 7 danau yang saling bertemu. Danau Lait digadang-gadang sebagai miniatur Danau Sentarum Putusibau, Kapuas Hulu. Danau langka yang hanya ada di Kalimantan Barat. Indah dengan hamparan hijaunya, luas dan tenang airnya.

Kita bisa mengelilingi pulau dengan menggunakan Perahu atau Kano, kita juga bisa menikmati keindahan danau lait.

Beragam wahana outbond yang sudah disediakan, Mulai dari berkendara menggunak ATV, Flayingfox hingga Area untuk Balapan. Tak hanya itu saja banyak gazebo maupun warung disepanjang tepi danau yang bisa mempermudah pengunjung membeli makanan atau minuman.

Danau Lait menyediakan beberapa wahana permainan air, ada bebek engkol, sampan dan juga speedboat untuk keliling danau. Untuk bermain sampan, dalam waktu 30 menit hanya cukup membayar 20.000, sedangkan bebek engkol 25.000.

Danau Lait ini berlatar kebun karet yang rapi dan bersih. Tidak heran akhirnya dijadikan tempat untuk kemah. Udaranya sejuk dan menyegarkan jiwa.

Danau Dait ini memiliki luas sekitar 1 kilometer persegi dengan lima pulau di tengahnya, sekelilingnya terdapat Gunung Lait dan Gunung Tiong Kandang yang menambah daya tarik pemandanan danau ini. 

Kelima pulau tersebut dapat dijangkau dengan menggunakan perahu, pulau-pulau tersebut terdiri dari Pulau Ambos, Songe, Penyaok, Nyetnyet dan Lambung. Danau Lait berhubungan dengan Danau Subah, Terentang, Selatai dan Belat. 

Berlokasi di Kecamatan Tayan, 70 kilometer dari kota Sanggau, objek menarik ini dapat dicapai dari kota Tayan lewat kendaraan air.

Danau Lait adalah danau tadah hujan dengan luas areal mencapai +/- 800 Ha, dengan kedalaman Danau bisa mencapai 4,5 meter. Adanya pulau, sungai, danau dan daratan yang dilengkapi dengan fenomena alam pasang surut yang ekstrim, merupakan keunikan tersendiri bagi Danau Lait. 

Di tempat ini juga banyak hidup ikan air tawar, diantara yang banyak di jumpai adalah Ikan Toman (SnakeHead Fish) , Ikan Biawan, dll. Tidak heran jika mayoritas masyarakat penduduk di sekitar Danau ini pekerjaan utamanya adalah nelayan ikan air tawar. 

Bagi Anda yang hobi memancing juga tidak kalah menarik untuk menjadikan tempat ini sebagai spot memancing favorit.

SHARE

About Mina

0 comments :

Post a Comment

Recommended